Obat Tradisional Flek Paru-Paru

Pegagan
Ternyata pegagan berkhasiat sebagai obat tradisional flekparu-paru. Siapa sangka tanaman yang banyak ditemui di tanah kosong, kebun  dan persawahan ini  ini ternyata kaya manfaat dan banyak faedahnya. Pantas di daerah sunda, tanaman ini sering dijadikan lalapan teman makan sehari-hari. Mari simak kisah berikut ini.

Di usia 4 tahun Hilal Ahmar harus merasakan terapi obat medis jangka panjang. Namun Ekal, sang ayah, tak tega anak balitanya harus menjalani pengobatan intensif itu. Atas saran seorang kawan,  si kecil di beri  minum ekstrak pegagan/tapak kuda. Sebulan kemudian, paru-paru Hilal kecil akhirnya tuntas bersih dari flek paru-paru.

Siapa tak sedih melihat perkembangan si kecil yang tak normal? Si kecil yang semula lincah, lucu, dan aktif bermain, kini tak lagi ceria. Hilal yang semula ceria bahkan makin malas makan. Ia lebih banyak diam, menyendiri, dan enggan bermain dengan teman sebayanya. Akibatnya, badan yang semula sekel dan mungil, kian berkurang bobotnya.

Curiga ada yang tak beres,  ia membawa si kecil ke RS  Khusus Paru-paru, Pasar Rebo, JakartaTimur. Pemeriksaan medis di rumah sakit tersebut menyatakan, ada flek di paru-paru Hilal. Itulah yang membuat kondisi  fisiknya menurun. “Jika tak ditangani serius, ia bisa mengidap TBC kronis,” ungkap Ekal menirukan dokter. Saat itu juga Hilal diberi suntikan dan disarankan menjalani pengobatan intensif selama 6 bulan.
Mendengar saran dokter yang notabene kakaknya sendiri, Ekal langsung kalut. Disatu sisi ia ingin penyakit anaknya sembuh.  Di sisi lain ia khawatir ada efek samping  jika mengkonsumsi  obat medis dalam waktu lama. Apa lagi Hilal masih balita.

Menghadapi dilema iitu, ia menyampaikan uneg-uneg kepada seorang kawan, pemilik salah satu studio rekaman di bilangann lebak bulus. Kebetulan sang pengusaha punya pengalaman, pamanya yang sakit paru-paru sembuh berkat  pegagan.
Menurut kawannya itu, pegagan juga berkhasiat sebagai obat tradisional flek paru-paru. Ekal di sarankan mencobanya. “Ia yang mencarikan tanamannya di kawasan Pondok Cabe,” kenang Ekal. Sekarung pelastik berisi pegagan  yang di terima langsung ditumbuk dan diperas untuk diambil ekstraknya. Ekstrak inilah yang di minumkan ke si kecil.

Mungkin karena ingin sembuh, Hilal kecil pun tak menolak minuman yang diberikan.  Malah saking doyannya, segelas air perasan dapat dihabiskan dalam sekejap. Pasalnya, “Air perasan hampir tak ada rasanya. Tak beda dengan air putih,” jelas Ekal. Sajak itu konsumsi obat medis di hentikan. Sebaliknya, ekstrak pegagan rutin di minum 3 kali sehari satu gelas. Pagi hari sebelum sarapan, siang hari setelah makan, dan malam hari sebelum tidur.

Sebulan mengkonsumsi, mulai tampak perubahan. Hilal mulai ceria, lincah, dan aktif bermin. Nafsu makan bertambah, sehingga tubuh mulai padat berisi. Untuk memastikan perkembangan kesehatannya, ia pun di rontgen. Hasilnya, “Saya sendiri kurang percaya,. Ini benar nggak sih?” cerita Ekal penuh tanda tanya. Pasalnya, foto rontgen terbaru menunjukan, tak ada lagi flek di paru-paru Hilal. Sang kakak, dokter yang menangani  pun heran melihat perkembangan kesehata Hilal yang cepat.
Konsumsi  ekstrak pegagan masih terus dilanjutkan hingga 3 bulan berikutnya sampai penyakit Hilal benar-benar sembuh. Kini, pada usia 15 tahun, ia jarang mengeluh sakit.

Ekal membuat ramuan pegagan  dengan cara mengambil  tanaman segar termasuk akar, lalu dicuci bersih, ditumbuk atau diblender. Setelah halus, tambahkan sedikit air matang lalu diperas dan di saring. Air perasan kemudian didiamkan sekitar 5 menit sampai  ampasnya mengendap. Setelah itu baru air perasan diminum tanpa ampas. Ekal menggunakan pegagan dengan patokan sebagai berikut;

Sejumlah 200 gram tanaman ditambah 1 gelas air cukup untuk membuat ramuan sekali minum. Jika tak ingin repot, dapat dibuat ramuan dalam jumlah banyak. Air perasan dimasukan ke dalam botol, lalu disimpan dalam kulkas. Namun, stok ramuan sebaiknya 1-2 liter saja untuk  2-3 hari konsumsi. Sebab, “Jika disimpan lama, khawatir khasiatnya berkurang,”

Pengalaman dengan minum pegagan pada anaknya itu lalu ia tularkan kepada tetangga, teman, dan sanak keluarga. “Khusus yang mengidap penyakit paru-paru dan batuk kronis, saya sarankan minum ramuan pegagan ini,” di halaman rumahnya ia menanam pegagan sebagai contoh untuk diberikan kepada yang memerlukan.

Dari artikel di atas, penulis berkesimpulan untuk membuat ramuannya memakai resep sebagai berikut:


Bahan :
Pegagan ...................... 200 gram
Air matang ................... 1 gelas
Cara meramu:
Tanaman pegagan segar termasuk akar dicuci bersih, lalu ditumbuk atau diblender. Setelah halus, tambahkan 1 gelas air matang lalu diperas dan di saring. Air perasan kemudian didiamkan sekitar 5 menit sampai  ampasnya mengendap. Setelah itu baru air perasan diminum tanpa ampas.
Aturan minum:
Minum perasan pegagan, 3 kali sehari, masing-masing 1 gelas. Minum pagi hari sebelum sarapan, siang hari setelah makan dan malam hari sebelum tidur.
Ramuan bisa dibuat banyak sekaligus, namun stok  hanya 2-3 hari konsumsi dan disimpan di kulkas.

Demikian artkel pengobatan flek paru-paru dengan pegagan, yang bisa "rumah obat tradisional" bagi, moga memberi manfaat bagi yang memerlukan. Dan perlu ditekankan bahwa penulis tidak memiliki data penjual daun pegagan segar ini.

Sumber :TRUBUS 381/Agustus/2001/XXXII


Artikel Lain Yang Berkaitan

79 komentar:

  1. artikel ini pastinya sanhat bermanfaat.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bantu saya mendapatkan daunnya yg msh segar...
      anak saya butuh banget....?

      Hapus
    2. sy jualan antanan murni tanpa campuran, siap seduh, soalnya sudah dibuat seperti teh,,,sudah dikeringkan,,,harganya 15.500/bungkus,,,(blm trmsk ongkir) sebungkus bisa dipake sekitar 2 mingguan (diseduh/digodog tiap hari),,,,sy dan istri jg tiap hari minum,,,,istri sy jd ga sakit waktu haid,,,,kalau ada yg berminat, hubungi sy di 085 223 487 976,,atau dipesbuk "syah bags" ,bagi yg tinggal di tasikmalaya bisa langsung ke rumah,,,nanti dikasih harga tetangga,,,heheee

      Hapus
  2. Tanaman obat Pegagan memang sulit ditemukan didaerah tertentu dan banyak ditemui ditegalan dan sawah..

    BalasHapus
  3. saya juga terkena flek paru2 saya ingin tau di mana kira2 saya bisa mendapatkan tanaman pegangan/tapak kuda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peluang nih untuk yang punya usah/info Pegagan Segar, silahkan tinggalkan link disini

      Hapus
    2. sy jualan antanan murni tanpa campuran, siap seduh, soalnya sudah dibuat seperti teh,,,sudah dikeringkan,,,harganya 15.500/bungkus,,,sebungkus bisa dipake sekitar 2 mingguan (diseduh/digodog tiap hari),,,,sy dan istri jg tiap hari minum,,,,istri sy jd ga sakit waktu haid,,,,kalau ada yg berminat, hubungi sy di 085 223 487 976,,atau dipesbuk "syah bags" ,bagi yg tinggal di tasikmalaya bisa langsung ke rumah,,,nanti dikasih harga tetangga,,,heheee

      Hapus
  4. anak saya juga sedang terapi flek dengan obat medis, tp gak ada perubahan.tapi dapat pegagan dimana y?

    BalasHapus
  5. Makasi gan kebetulan tetangga saya ada yang kena moga dengan tip anda bisa membantu penyakitnya. Amin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ Penasaran SEO, Sama Gan, semoga dimudahkan jalan untuk mencari daun pegaganya serta diberi jalan yang mudah untuk meraih kesembuhan. Amien..

      Hapus
  6. trima kasih infonya, anak saya juga terkena flek paru. semoga sangat membantu artikel ini. trima kasih banyak.

    BalasHapus
  7. @Abang Jamblang, Terima kasih atas kunjungannya diRumah Obat Tradisional blog. semoga Obat Tradisional Flek Paru-paru memberi jalan untuk meraih kesembuhan dan semoga anak Bapak cepat sembuh. Amin..

    BalasHapus
  8. Makasih infonya, kebetulan anak saya juga baru divonis punya flek paru sekitar sepuluh hari yg lalu. smg info ini turut membantu kesembuhan putri saya...

    BalasHapus
  9. dirumah saya banyak tuh tanaman pegagan :) yg mau bisa datang k rumah..saya malah baru tahu khasiatnya ternyata u/ obat paru2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. daun pegagan itu apa sih? alamat bapak dmna ya? saya jg sedang butuh obat tradisional buat flek paru anak saya, tetapi anak saya umur 8bln, kira-kira berapa ukuran minumnya untuk anak saya?

      Hapus
    2. daun pegagan, tanaman obat tradisional tapak kuda baca disini http://rumahobattradisional.blogspot.com/2012/01/pegagan-si-liar-yang-multi-khasiat.html
      Untuk anak 8 bulan dengan resep diatas, saya pikir dosis 3xsehari @1 sendok makan sudah cukup

      Hapus
  10. waduh masih bingung tanaman pegagan,,it kyk gmana y,aq butuh ni td dapet kabar ibu aq abis d ronsen ktnya kena flek paru2..mohon infonya tanaman pegagan it seperti apa,

    BalasHapus
  11. gimana kalau untuk batuk asma resep nya bisa digunakan nggak ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Obat tradisional asma disertai batuk bisa baca disini http://rumahobattradisional.blogspot.com/2011/10/obat-tradisional-asma.html#more
      jika bahannya tersdia pilih resep no 4 saja :)

      Hapus
  12. wahhh kalau di daerah saya mas, di Tasikmalaya itu disebutnya tanaman antanan, yang berkhasiat untuk, jerawat, perut sembelit, dan dikonsumsi tiap hari sebagai lalapan juga enak lho..
    terimakasih informasinya sangat bermanfaat mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang leres pisan teh indri, dilembur abdi oge osok ngalalap antanan..:)

      Hapus
  13. Daun tapak kuda / pegagan itu apa ya? Makasih infonya

    BalasHapus
  14. d lampung banyak tanaman pagagan..kalianda

    BalasHapus
  15. klo buat anak umur 10 thn k atas gimana ? bisa gak ... temen saya sedang kritis ... tolong

    BalasHapus
    Balasan
    1. @uzhu, untuk anak 10 tahun ga apa2 masih bisa dipake resepnya..

      Hapus
  16. makaseh bangat ya artikelnya, saya lg panik neh nyari obat apa yg bs menyembuhkan flek paru" anak saya umur 3,5thn yg baru saya th setelah di rontgen kemaren saya sangat shok apalagi istri saya sampai nangis", makaseh semoga bermanfaat bagi yg lainnya jg,,,,,,amien

    BalasHapus
    Balasan
    1. thx u/ info'y. sy lagi stres nih nyari obat u/ abang ku yg lagi sakit batu. dia uda berobt tpi hasil'y nihil (tdk ada penyakit) sy curiga / takut klo2 dia kena penyakit TB, soal'y batuk'y ga berhenti2. sy kasihan lihat abg sy. mak'y sy lgi nyari obat buat dia.tpi di tempat sy tdk ada tanamn ini, tpi sy akan berusha u/ mencari'y, krna sy ingin abg sy bisa sembuh. semoga info obt ini bisa menyembuhkan sakit'y. amin

      Hapus
  17. UNTUK ANAK 2 TAHUN DOSISNYA BERAPA GRAM YA

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Afif, untuk anak 2 tahun menurut saya dosisnya 1/4 dari dosis diatas. antanan 50 gram dan air 1/4 gelas. berikan 2 sendok makan tiap kali minum 3 x sehari

      Hapus
  18. kalau untuk usia 20thn resepnya masih cocok gk ? soadara saya 20thn kena flek paru2 obat dri dokter mahal, tolong dibalas y...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih bisa mas andi, dosisnya ditambah menjadi 2 kali lipat. jangan lupa untuk konsisten minum ramuannya setiap hari. semoga lekas sembuh.amien..

      Hapus
  19. kebetulan anak saya juga kena flek paru2..mudah2an dgn pegagan anak saya bisa sembuh, mksh infonya...

    BalasHapus
  20. untuk penyembuhan flek paru selain dengan daun pegagan bisa juga dengan obat herbal XAMthone plus dari kulit manggis yang telah teruji secara klinis dan terbukti berkhasiat tanpa menyebabkan efek samping....

    BalasHapus
  21. Sukses selalu gan dan ijin nyimak artikelnya yah http://herbautama.com/

    BalasHapus
  22. Terimah kasih Gan,sangat-sangat membantu..semoga dengan membaca artikel ini,saya akan terapkan kepada anak saya.

    BalasHapus
  23. terima kasih artikelnya sangat bermanfaat.
    kebetulan saat ini anak saya di fonis dokter indikasi flex, dari hasil cek darah pun mengatakan iya,,..

    saya mau coba terapi dengan daun pegagan ini, karena kalau pake terapi dokter obatnya banyak bengat kasihan anak saya, dan takutnya ketergantungan obat-obatan kimia nantinya malah tambah berabe..

    jika ada info mengenai ketersediaan daun pegagan ini di daerah Jadbotabek.. mohon infonya..


    Terima kasih

    BalasHapus
  24. pak anonim < anak saya br saja di vonis flek ...bisa dpat daun pegagn dimana ya ?tolong diinfokan minta alamat lengkapnya

    BalasHapus
  25. saya mw tany klo u/ usia 40 thn pakai dosis 300 gram + dtmbh air 1 glas yaa. Ini u/ ibu saya!!

    Mksh atas infoy.

    BalasHapus
  26. Kakak saya ĴƱƍ∂ ⓐⓓⓐ sisa flek di paru- paru dari hasil pemeriksaan dokter. Dia ingin sekali flek tersebut bersih. Tolong dibantu untuk mendapatkan tumbuhan tapak kuda/pegagan di daerah balikpapan

    BalasHapus
  27. Informasinya sangat bagus dan menarik, dengan adanya pemberitahuan ini mungkin saya tidak bisa mengetahui apa info yang baru. Tapi dengan fostingan Anda saya bisa menambah ilmu pengetahuan saya. Terimakasih!

    BalasHapus
  28. jangan pernah bosan/ menyerah bg yg sakit untuk mencari kesembuhan dg ramuan / tanaman obat. karna tuhan menurunkan penyakit beserta obatnya. terimakasih juga bg yg memiliki penglaman sembuh dr sakit karna tanaman obat untuk berbagi fostingannya. semoga hidup kita jadi lebih indah dengan berbagi.salam sejahtera untuk semua..

    BalasHapus
  29. Mohon informasi nya klo pengobatan/obat dari dokter di teruskan tp dibarengin dengan terapi minum perasan pegagan ini boleh atau tidak atau selama minum air pegagan ini,obat dari dokter harus di stop?terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. @anonim, jika mau digabungkan antara minum obat dokter dengan minum perasan daun pegagan harus ada jeda minimal 2 jam. Jadi perasan pegagan diminum dua jam setelah minum obat dari dokter

      Hapus
  30. Infonya menarik sekali gan.
    terimakasih semoga sukses selalu.

    BalasHapus
  31. info yang sangat bermanfaat sekali, sangat membantu untuk yang sedang mencari obat tradisional untuk flek paru2

    BalasHapus
  32. Makasih infonya, saya sedang cari-cari obat tradisional buat anak saya yg demam tinggi lebih dr smggu dgn bebagi antibiotik masih blm sembuh sampai tes darah widal positif difonis types dan rogten difonis ada flak diparu-paru.. kebetulan disekitar rumah saya memang tak begitu susah cari pegagan, atau disaya disebut antanan.. betul tidak? Mungkin selanjutnya mumpung musim hujan mau dibudidayakan buat keperluan kedepannya.. makasih ya pak. Mohon doa untul kesembuhan anak saya.

    BalasHapus
  33. Terimakasih info ny, teman saya membutuhkan obat traditional, daun pegagan itu apa y? Dan bisa di temukan dimana?
    Apa pegagan itu antanan?

    BalasHapus
  34. Baru tahu tanaman yg sering ku basmi di halaman rumah ku. Ternyata adalah obat flek paru-paru penyakit yg ku derita sekarang.. Ya Allah Terimakasih info nya.. Allahamdulillah.. Selama ini pengobatan medis saya g berhasil, dan semoga ajh dgn tanaman ini saya bisa sembuh.. Amen :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga cepat sembuh ya sis, lakukan dengan telaten dan usahakan kontinyu dilakukan terue menerus minum jus pegagan ini.
      jangan dibasmi tanaman ini dimakan mentah sebagai lalapan juga enak kok :)

      Hapus
  35. Balasan
    1. untuk tbc bisa untuk mempercepat proses kesembuhan, saya menyarankan minum jus pegagan sebagai pengobatan pendukung, yang utama tetap harus memakai resep dokter supaya proses penyembuhannya lebih cepat.
      semoga membantu

      Hapus
  36. bagus ni ya ...saya jg butuh friens

    BalasHapus
  37. Jika ada yg bth daun pegangan hub:085222265114

    BalasHapus
  38. mas azka @ posisi dmn? sya lg btuh bgt

    BalasHapus
  39. Iya mas azka@ posisi dimana, saya jg lg butuh. Saya di bekasi. Tks

    BalasHapus
  40. Sory Gan, tolong kalo buat orang tua tanaman pagangan nih bisa ngebantu gak yah..? orang tua umur lk. 45 tahun..


    BalasHapus
  41. untuk luar kota ongkir di tanggung pembeli.mksh

    BalasHapus
  42. Makasih infonya semoga bermanfaat

    BalasHapus
  43. Makasih info berharganya

    BalasHapus
  44. Ongkos kirim madiun berapa

    BalasHapus
  45. saya juga terinfeksi paru2...
    cari daunya di mna saya di papua

    BalasHapus
  46. Makasih atas info jamunya, jadi kepengin konsumsi jamu ini biar tetap sehat!

    BalasHapus
  47. Mantap nih Infonya, di pekarangan gue juga ada! Makasih infonya!

    BalasHapus
  48. sy mengucapkan terimakasih atas artikelnya, meskipun di kampung sy jarang mendapatkan pegagang tpi sy akan mencari tanaman berkhasiat itu mudahan bermanfaat.

    BalasHapus
  49. Assalamualaikum...saudara saudara sebangsa dan setanah air.. ane mohon maaf sebelumnya neh..
    Sekedar info aja semoga membantu saudara saudara semua..
    Mengenai daun pegagan yg di maksud untuk membantu penyembuhan penyakit flex paru paru..memang ada banyak nama atau sebutan untuk daun pegagan sendiri.
    Pegagan = tapak kuda = Antanan = Tikim = Lalapan orang sunda. Begitulah bunyi nya.. semoga bermanfaat..terima kasih.

    BalasHapus
  50. makasih infonya saya butuh banget nie,,
    saya udah lama punya penyakit paru-paru buru kali ini nemu obat tradisional kaya gni padalah di pinggir rumah saya banyak tapi tidak tau manfaatnya buat apa makasih kawan..
    doain saya moga cepet sembuh AMIEN.

    BalasHapus
  51. Saya umur 30 thn bisa ga mengkonsumsi pegagan/tapak kuda?soalnya saya udh beberapa bulan ini flek paru-paru + batuk2 trus...dimana saya bisa mendapatkannya?tolong ya infonya..mdh2an dengan izin اَللّهُ daun pegagan ini jadi obat penyembuh yang mujarab buat saya.

    BalasHapus
  52. alhamdulillah di tempat saya masih banyak sekali dijumpai tumbuhan Pegagan.

    BalasHapus
  53. Artikel di atas memberikan informasi yang sangat menarik dan menambah suatu pengetahuan untuk saya peribadi. Terimakasih gan semoga di bulan Puasa ini diberikan keberkahan dan kesuksesan. Amin

    BalasHapus
  54. Terimakasih banyak atas informasinya..!
    salam kenal dan semoga sukses selalu...

    BalasHapus
  55. mampir ke http://eventcirebon.blogspot.com juga ya :)

    BalasHapus
  56. Daun Pegagan bnayk manfaatnya juga ya.. makasih infonya. sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  57. tanaman pegagan untuk didaerah jakarta ada gak ya ??

    BalasHapus

Mohon tidak meninggalkan komantar SPAM dan tidak meninggalkan URL didalamnya

Obat Tradisional Alami | Powered by blogger.com | Terima kasih atas kunjungan Anda